RyzzLabs. Diberdayakan oleh Blogger.

Perbandingan Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu, Pilih Mana ?




Perbandingan Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu-Seputar-Teknik-Pendingin-dan-Tata-Udara


Tentu bagi yang masih awam dengan kulkas, perbedaan tersebut dapat membuatnya sedikit bingung dalam menentukan pilihannya. Mulai dari segi daya yang dibutuhkan, hingga performa mesin akan saya bahas di sini.

1.   Dari Segi Daya Listrik Yang Dibutuhkan

Kulkas dengan model 1 pintu memiliki daya listrik yang sedikit. Hal ini karena kompresor yang digunakan juga tidak terlalu besar. Kurang lebih sekitar 150 Watt hingga 350 Watt daya listrik yang diperlukan.
Sedangkan kulkas 2 pintu lebih membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Karena kapasitas ruang dalam lemari es juga lebih besar, maka juga memakai kompresor yang lebih besar. Selain itu, juga karena faktor adanya komponen heater panas yang kegunaannya untuk mencairkan bunga es. Dan ini tidak kita temui pada kulkas 1 pintu.

2.   Dari Segi Kapasitas

Tentunya kulkas dengan 1 pintu memiliki kapasitas lebih kecil dari pada kulkas 2 pintu. Dilihat darri body nya pun sudah kelihatan, bahwa lemari es 2 pintu cenderung memiliki body yang lebih besar.
Di tambah lagi ada bagian freezer di pintu atas, dan tempat sayur dan buah di bagian bawah. Maka lemari es 2 pintu cocok untuk anda yang suka menyimpan bahan makanan dalam skala yang cukup banyak.

3.   Dari Segi Kenyamanan

Jujur, dari segi kenyamanan kalau saya pilih yang model 2 pintu. Karena, pada jenis ini sudah dilengkapi dengan heater pencair bunga es otomatis seperti yang sudah saya bilang tadi. Sehingga kita tidak perlu repot – repot untuk selalu membersihkan gumpalan es setiap sudah mengumpul terlalu banyak.
Namun, semua itu tergantung dari mana anda menilai kenyamanan tersebut. Jika anda lebih nyaman dengan model 1 pintu, maka tidak perlu memaksakan untuk membeli yang 2 pintu. Karena harga nya pun juga jauh berbeda. Tergantung budget masing – masing pengguna.

4.   Dari Segi Biaya Service atau Perbaikan

Dari segi biaya untuk service misalnya terjadi kerusakan, kulkas 1 pintu lebih membutuhkan biaya yang sedikit ketimbang lemari es 2 pintu. Karena ini dipengaruhi dari faktor alat – alat yang digunakan dan juga besar kompresor yang dipakai.
Kulkas 1 pintu hanya memiliki beberapa alat kelistrikan, seperti thermostat, relay, dan overload. Sedangkan pada model 2 pintu, ada yang namanya Timer, Fius Panas dan Dingin, Relay, Overload, Heater, dan memungkinan display suhu.

5.   Dari segi jenis kerusakan

Seperti yang sudah saya katakan di atas, kulkas 2 pintu memiliki lebih banyak komponen. Tentunya peluang kerusakan yang terjadi juga lebih banyak. Seperti misalnya kulkas tidak dingin karena heater kaca tidak berfungsi, timer otomatis rusak, dan lain sebagainya.
Lain halnya pada lemari es jenis 1 pintu, biasanya kerusakan yang paling umum yaitu mampet pada instalasi freon, bocor freon, dan thermostat macet.
Dari 5 poin perbandingan kulkas 1 pintu dan 2 pintu di atas, bisa kita ambil kesimpulan untuk menentukan kulkas mana yang cocok untuk kita.
ü  Kulkas 1 Pintu :
§  Menggunakan listrik dengan daya cukup rendah, namun ingin memiliki kulkas.
§  Menginginkan lemari es relatif murah dari segi harga beli maupun biaya service.
§  Membutuhkan alat penyimpanan bahan makanan yang tidak terlalu besar.
§  Rajin merawat kulkas dengan membersihkan bunga es.
ü  Sedangkan kulkas 2 Pintu :
§  Membutuhkan lemari es dengan kapasitar yang besar.
§  Tidak mau repot dengan adanya gumpalan bunga es.
§  Untuk anda yang mempunyai budget cukup banyak, baik untuk membelinya maupun perawatan kulkas tersebut.

3 komentar:

  1. 𝘉𝘢𝘨𝘢𝘪𝘮𝘢𝘯𝘢 𝘬𝘢𝘭𝘢𝘶 𝘮𝘦𝘴𝘪𝘯 𝘬𝘰𝘮𝘱𝘳𝘦𝘴𝘰𝘳 𝘬𝘶𝘭𝘬𝘢𝘴 2 𝘱𝘪𝘯𝘵𝘶 𝘥𝘪𝘱𝘢𝘴𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘦 1𝘱𝘪𝘯𝘵𝘶?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan lihat di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=v2aU96jbI_c

      Hapus