RyzzLabs. Diberdayakan oleh Blogger.

Penyebab dan Cara Mencari Kebocoran Refrigerant / Freon Pada AC




Penyebab dan Cara Mencari Kebocoran Freon Pada AC-seputar-teknik-pendingin-dan-tata-udara


1. Pipa Instalasi Berkarat ( Keropos )
Penyebab AC bocor freon yang pertama yaitu disebabkan oleh pipa instalasi yang sudah kerobos akibat termakan usia alias sudah terlalu lama dipakai. Pada umumnya pipa instalasi untuk AC terbuat dari tembaga, nah biasanya saking lamanya digunakan pipa tersebut menjadi tipis dan akhirnya keropos.
Jika sudah seperti ini, solusi yang paling baik yaitu kita ganti pipa instalasi tersebut dengan pipa tembaga yang baru. Boleh dibuatkan jalur instalasi baru atau juga bisa menggunakan jalur instalasi lama jika memungkinkan.
2. Sambungan Pipa Kurang Rapat
Seperti yang kita ketahui, pada pipa instalasi AC itu juga terdapat sambungan-sambungan seperti nepel untuk menghubungkan unit indoor atau outdoor dengan pipa tembaga. Karena freon itu sifatnya gas sama dengan seperti udara, maka dalam menyambung pipa tersebut harus benar-benar rapat.
Jika saja masih ada sedikit rongga tentu hal ini dapat menyebabkan freon bocor keluar. Biasanya hal ini disebabkan karena kurang telitinya kita saat menyambung pipa tersebut, dan juga bisa disebabkan oleh getaran mesin kompresor saat bekerja sehingga baut nepel tersebut lama kelamaan menjadi sedikit longgar.
Oleh karenanya, setelah melakukan penyambungan pipa dan sebelum mengisi freon lakukan testing untuk memastikan bahwa penyambungan pipa benar-benar sempurna dan tidak ada yang longgar sedikit pun.
Jangan lupa juga dipastikan bahwa fleringan pipa juga sempurna, sehingga tidak ada celah untuk freon bocor keluar.
3. Evaporator Indoor dan Kondensor Outdoor Keropos
Penyebab AC bocor freon yang terakhir yaitu disebabkan oleh evaporator atau kondensor yang keropos. Kebocoran semacam ini terjadi pada unit indoor atau outdoor AC. Biasanya karena evaporator atau kondensor tersebut terlalu tipis, sehingga tidak kuat menahan tekanan gas freon.
Dan ini paling sering terjadi pada unit AC yang sudah berusia 5 tahun ke atas, atau AC yang evaporator dan kondensornya terbuat dari bahan dasar alumunium atau babet.
Untuk tingkat kebocoran seperti ini, jika memungkinan biasanya bisa diperbaiki dengan cara di las. Namun dari pengalaman biasanya kalau di las akan bocor kembali disebelahnya di kemudian hari. Dan biasanya kami menyarankan untuk mengganti unit indoor atau outdoor second saja dan namun dalam kondisi yang masih cukup bagus.
Nah, setelah kita sudah tahu apa saja yang menyebabkan freon AC bisa bocor, sekarang bagaimana cara mencari letak titik kebocorannya ?. Berikut juga akan saya sampaikan langkah-langkah mencari kebocoran freon dan alat apa saja yang dibutuhkan.
ü  Langkah-langkah mencari kebocoran freon pada AC.
Sebelumnya, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan.
§  Obeng ( – ) dan ( + )
§  Tang Kombinasi, Tang Potong, Tang Cucut
§  Gas freon ( pastikan tipe freon sesuai dengan tipe freon yang dipakai pada AC terserbut ), atau juga bisa menggunakan gas nitrogen.
§  Kunci inggris
§  Gauge Manifold
§  Pisau Cutter
§  Cutter pipa ( pemotong pipa )
§  Spon dan air sabun
§  Flaring pipa
Jika semua alat dan bahan sudah lengkap, sekarang mari kita mulai proses mencari lokasi titik kebocoran freon pada AC.
Langkah ke-1: Pasang gauge manifold pada nepel pengisian freon di unit outdoor, setelah lakukan pengisian freon. Hal ini bertujuan agar instalasi freon pada AC ada tekanan, sehingga kita bisa mencari dimana letak kebocorannya.

Langkah ke-2: Buka semua casing atau tutup indoor dan outdoor, sehingga kita bisa mengamati dengan jelas pada bagian evaporator dan kondensor.

Langkah ke-3: Sambil mengamati bagian evaporator dan kondensor, siapkan juga spon yang sudah kita celupkan pada air sabun sehingga dapat menghasilkan busa. Terus amati di kedua bagian tersebut, jika terdapat bagian yang dicurigai terjadi kebocoran misalnya terdengan suara desisan angin keluar ada banyak minyak, oleskan busa pada bagian tersebut.
Jika memang kebocoran freon terjadi pada titik tersebut, maka terdapat, dan bisa dipastikan kebocoran terjadi disitu.
Namun, apabila di evaporator indoor dan kondensor outdoor tidak ditemukan kebocoran, maka sekarang kita lanjut mencarinya dibagian pipa instalasi.
Langkah ke-4: Setelah unit di isi tekanan menggunakan gas freon, sekarang anda buka amarplex pembungkus pipa. Selanjutnya amati seluruh bagian pipa instalasi tersebut mulai dari di unit indoor sampai ke unit outdoor.
Sambil mengamati oleskan busa sabun pada bagian pipa tersebut baik pipa kecil maupun pipa yang besar. Jika ada kebocoran pastinya ada gelembung udara atau suara desisan pada bagian tersebut.
ü  Solusi mengatasi AC yang bocor freon
Sekarang anda sudah tahu bagaimana cara mencari titik kebocoran freon pada sebuah AC, jika kebocoran tersebut sudah ditemukan, lalu bagaimana cara memperbaikinya ?. Berikut ini beberapa solusi yang bisa anda coba berdasarkan letak kebocoran terjadi.
#1. Jika letak kebocoran terjadi pada unit evaporator indoor atau kondensor outdoor, jika memungkinan kita bisa memperbaikinya dengan cara di las. Akan tetapi ada kosekuensi yang harus kita tanggung, biasanya kalau hanya di las suatu saat kebocoran akan terulang lagi di sebelahnya kebocoran sebelumnya atau di lain tempat.
Sehingga, biasanya saya menyarankan lebih baik untuk mengganti unit indoor atau outdoor sekalian dengan unit second, dengan kondisi yang masih normal.
#2. Jika kebocoran terjadi pada pipa instalasi, juga sama solusinya. Jika memungkinan dalam artikan kondisi pipa masih lumayan bagus kita bisa menyambung ulang pada bagian yang bocor menggunakan las.
Namun jika kondisi pipa instalasi sudah tidak memungkinan dan di kwatirkan kebocoran terulang kembali, sebaiknya kita ganti saja pipa instalasi tersebut.
#3. Jika kebocoran terjadi pada sambungan pipa tepat pada fleringan pipa, biasanya pecah atau fleringan tidak sempurna. Kita bisa mem-flering ulang kembali pipa tersebut.

0 Komentar:

Posting Komentar