RyzzLabs. Diberdayakan oleh Blogger.

Simak 5 Cara Merawat Kulkas Agar Lebih Optimal dan Awet




Cara perawatan kulkas lebih optimal-Seputar-Teknik-Pendingin-dan-Tata-Udara

Berikut beberapa yang harus anda perhatikan saat menggunakan lemari es. Supaya nantinya kulkas anda menjadi lebih dingin.

1.   Bersihkan bunga es secara berkala

Khusus kulkas satu pintu kita harus rajin untuk membersihkan bunga es yang ada di bagian freezer. Bunga es tersebut terjadi karena uap air hasil dari pengembunan di evaporator. Kemudian karena suhu disekitar terlalu dingin, maka terbentuklah bunga es.
Kapan waktunya ? hal ini tidak bisa ditentukan, yang jelas setiap bunga es sudah menumpuk terlalu banyak kita harus membersihkannya. Biasanya jika kulkas terus digunakan, hal ini akan terjadi sekitar 2 hingga 3 minggu. Dan ini tidak terjadi pada kulkas model 2 pintu, karena sudah alatnya sendiri untuk mencairkan bunga es.
Maka dari itu rajin-rajinlah membersihkan kulkas anda, karena ini bagian langkah – langkah cara merawat kulkas.

2.   Jangan menggunakan benda tajam pada waktu membersihkan kulkas

Kenapa ? karena ini dapat memicu terjadinya kebocoran freon. Walaupun bunga es tersebut terlalu banyak, sehingga anda kesulitan saat mengambil es batu atau saat ingin membersihkan, jangan sekali – kali menggunakan benda tajam seperti pisau.
Lebih baik anda matikan dengan mencabut listriknya, atau memutar thermostart pada posisi NOL terlebih dahulu. Kemudian tunggu beberapa jam hingga akhirnya semua bunga es mencair. Supaya lebih cepat, anda bisa menyiramnya dengan air panas pada gumpalan es tersebut.

3.   Jangan memasukan makanan secara berlebihan ke dalam kulkas

Lemari es itu punya kapasitas sendiri, lalu kenapa anda masih saja memaksa memasukan semua bahan makanan yang melebihi kapasitas kulkas tersebut ?. Justru ini malah mengakibatkan kulkas menjadi kurang dingin, karena tidak ada rongga sirkulasi udara.
Alangkah baiknya jika kita belanja secukupnya untuk beberapa hari ke depan, dan sesuai dengan isi kapasitas kulkas kita. Usahakan juga bahan makanan kulkas sejenis kecap dan minyak anda tutup rapat. Supaya tidak tumpah dan membuat bagian dalam kulkas jadi sangat kotor.

4.   Jangan langsung mencolokan ke listrik jika kulkas habis anda pindahkan

Apabila anda telah memindahkan kulkas dari tempat semula ke tampat lain, atau kulkas baru datang dari toko, maka jangan langsung menghubungkannya ke listrik. Karena di takutkan oli pelumas kompresor naik, sehingga jika anda langsung mencolokan dapat menyebabkan mampet pada saluran instalasi freon.
Sehingga hal tersebut mengakibatkan lemari es menjadi tidak dingin. Oleh karena itu ini termasuk sebuah langkah anda cara merawat kulkas, sekaligus bagaimana menggunakan lemari es yang benar.

5.   Menggunakan Stabilizer

Supaya penggunakan arus listrik pada kulkas tetap stabil 220 Volt, maka dibutuhkan stabilizer. Sehingga ini dapat menjaga jika sewaktu – waktu terjadi tegangan tinggi atau rendah.
Biasanya itu terjadi saat pemadaman listrik, atau memang tengangan listrik di tempat kita tidak stabil. Maka saya sarankan jika memang tidak memiliki stabilizer, cabutlah colokan kulkas anda saat pemadaman listrik dari PLN tiba.
Demikian juga untuk semua peralatan elektronik di rumah anda. Termasuk TV, komputer, dan AC sekali pun. Karena langkah tersebut dapat meminimalisir kerusakan – kerusakan yang terjadi akibat tegangan listrik yang tidak stabil.
Pada intinya langkah – langkah yang bisa kita ambil untuk merawat kulkas itu sangat mudah dan sederhana. Diantaranya seperti yang sudah saya sampaikan di atas, seperti menjaga kebersihan kulkas secara berkala.
Selain itu, mengantisipasi dari terjadinya voltase listrik yang tidak menentu juga tidak kalah penting. Dengan melakukan tips cara merawat kulkas tersebut, maka ini dapat menjadikan kulkas lebih awet dan tetap dingin untuk jangka panjang. 


0 Komentar:

Posting Komentar