RyzzLabs. Diberdayakan oleh Blogger.

Simak Masalah yang Sering Terjadi Pada AC Split atau AC Rumah


Simak Masalah yang Sering Terjadi Pada AC Split atau AC Rumah-seputar-teknik-pendingin-dan-tata-udara




1.   Salah Mengatur Suhu

      Ada berbagai sebab pendingin ruangan di rumah terasa tidak dingin. Yang paling mudah dilihat adalah pada pengontrolan suhu di remote AC. Usahakan Anda sudah mengatur suhu AC sesuai dengan situasi yang ada. Jika memang suhu udara tengah panas, Anda bisa menurunkan suhu sehingga AC akan semakin dingin.

2.   Filter Kotor

      AC juga akan terasa tidak dingin ketika filter atau saringan AC kotor. Filter yang kotor membatasi aliran udara ke unit AC sehingga menurunkan kemampuannya mendinginkan udara. Jika Anda sudah lama tidak membersihkan filter AC, sebaiknya lakukan segera. Apalagi jika AC di rumah digunakan terus-menerus, seharusnya filter dibersihkan setidaknya satu bulan sekali. Lebih baik sering di bersihkan AC secara menyeluruh / service 3 bulan sekali, agar kondisi ac tetap prima.

3.   AC Bocor

      Perawatan yang tidak baik bisa menyebabkan AC Anda mengalami kebocoran. Tandanya biasanya ada air yang menetes dari AC. AC bocor umumnya karena saluran pembuangan AC yang terhambat sehingga aliran airnya tidak lancar. Ketika air AC sampai ke bak penampungan, karena tidak lancarnya salurang pembungan ini, menjadi menumpuk dan menetes ke luar.
4.   AC Berisik

      Masalah lain yang dapat terjadi pada pendingin ruangan di rumah Anda adalah munculnya suara berisik dari AC. Seharusnya AC yang dalam keadaan baik, tidak akan mengeluarkan suara saat dinyalakan. Namun jika AC di rumah mengeluarkan suara, sebaiknya segera lakukan pengecekan. Suara berisik dari AC dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari ada sekrup atau baut yang kendur, dudukan penyangga AC tidak diletakkan di tempat yang rata, hingga masalah kompresor.
5.   AC Tiba-tiba Mati dan Hidup

      Pernahkah AC Anda tiba-tiba tidak mengeluarkan udara dingin, padahal masih dalam keadaan ON atau menyala? Saat kondisi itu terjadi AC biasanya akan mati dalam beberapa waktu, kemudian hidup atau mengeluarkan udara dingin kembali. Kondisi ini tentu tidak membuat nyaman karena saat AC mati, udara ruangan terasa panas.

0 Komentar:

Posting Komentar