RyzzLabs. Diberdayakan oleh Blogger.

Simak 4 Alasan Kenapa AC Harus dibersihkan Secara Rutin Walau Masih Dingin




4 Alasan Kenapa AC Harus dibersihkan Secara Rutin-Seputar-Teknik-Pendingin-dan-Tata-Udara


1.   Karena prinsip kerja AC mensirkulasi udara

Alasan pertama kenapa AC harus dibersihkan walaupun masih dingin, dikarenakan cara kerja AC tersebut mensirkulasi ruangan.
Udara panas pada ruangan tersebut akan dihisap oleh indoor AC dengan bantuan kipas FAN. Yang mana saat proses menghisap tersebut debu atau pun partikel kecil lainnya akan ikut kehisap.
Kemudian debu kotor tersebut akan menempel pada filter dan juga evaporator. Jika hal tersebut dibiarkan, maka akan mempengarui kinerja AC tersebut dalam mengkondisikan ruangan menjadi dingin.

2.   Untuk mencegah kerusakan dini, sehingga AC bisa lebih awet

Jika anda rutin melakukan service berkala, paling tidak 2 hingga 3 bulan sekali, ini bisa menjadikan AC anda lebih awet.
Karena AC yang selalu dalam kondisi bersih, dapat membuat kerja mesin menjadi lebih ringan.
Selain itu, juga untuk berjaga-jaga kemungkinan kerusakan AC lebih awal.
Karena AC selalu dalam penanganan ahlinya, kalau pun ada masalah pasti segera ketahuan. Sehingga bisa lebih cepat untuk memperbaikinya, dan biaya yang harus dikeluarkan pun tidak akan terlalu mahal.

3.   Karena AC kotor

Seperti yang sudah saya katakan pada poin pertama tadi, karena AC kotor akibat debu atau kotoran kecil lainnya yang menempel pada AC.
Hal tersebut dapat memberatkan kerja mesin kompresor, yang pada akhirnya ampere ( kekuatan ) kompresor tersebut menjadi naik melebihi batas maksimal.
Jika itu sampai terjadi, maka dapat menyebabkan AC sering mati hidup. Tentunya ini juga mengakibatkan AC tersebut menjadi tidak dingin. ( baca juga : 5 hal yang mengakibatkan AC mati hidup sendiri ).
Oleh karenanya, AC kotor menjadi alasan kenapa AC harus dibersihkan atau di service.

4.   Karena AC adalah jenis alat elektronik yang memerlukan perawatan

Layak seperti mobil atau motor, yang mana kedua kendaraan tersebut juga memerlukan service perawatan yang rutin jika sudah beberapa Kilometer ( Km ) perjalanan.
Walaupun kedua kendaraan itu masih nyaman untuk kita kendarai, tentu anda harus tetap merawatnya, bukan ? Seperti misalnya ganti oli, pembersihan karburator, dan lain sebagainya.
Demikian juga sama seperti AC, karena AC merupakan jenis elektronik yang membutuhkan perawatan. Alasannya tidak lain agar AC lebih terawat, sehingga saat mendinginkan suatu ruangan dapat tercapai dengan sempurna.


0 Komentar:

Posting Komentar