RyzzLabs. Diberdayakan oleh Blogger.

Ketahuilah Ini Ciri - Ciri AC Kurang Refrigerant atau Freon



inilah Ciri - Ciri AC Kurang Refrigerant atau Freon-seputar-teknik-pendingin-dan-tata-udara


1.   Terjadi pembekuan / terdapat bunga es pada bagian pipa

Jika AC anda tiba-tiba tidak dingin, kemudian anda lihat dibagian pipa kecil terdapat pembekuan bunga es, bisa jadi AC tersebut kekurangan gas freon. Jika seperti itu, tentu akan mengakibatkan AC menjadi kurang dingin atau bahkan tidak dingin. Namun hal tersebut juga belum tentu tekanan freon nya kurang, pipa AC terdapat bunga es juga bisa disebabkan karena kipas fan pada indoor unit tidak berputar. Oleh sebab itu, cara paling efektif untuk mengetahuinya harus melakukan pengecekan langsung menggunakan manifold.

2.   AC menjadi kurang dingin di banding beberapa hari sebelumnya

Jika beberapa hari sebelumnya AC di tempat anda terasa sangat dingin, namun akhir-akhir ini tidak begitu dingin padahal anda menggunakan suhu temperatur yang paling rendah, bisa juga tekanan freon AC anda kurang.
Jika seperti itu ada baiknya anda segera memanggil teknisi langganan anda untuk melakukan pemeriksaan. Sehingga, jika terjadi masalah pada anda segera bisa ketahuan dan tentunya untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal.
Selain itu, malakukan service perawatan rutin juga dapat menjaga performa AC anda, dan jika terjadi kekurangan freon bisa segera diketahui dan di tambah. Sehingga, diharapkan AC anda tidak terjadi kekurangan freon.

3.   AC sering mangalami mati hidup sendiri, terutama pada bagian outdoor unit

Memang ada beberapa merk AC tertentu jika tekanan freon nya kurang akan mengalami sering mati hidup sendiri, khususnya di bagian outdoor unit. Nah, jika hal tersebut terjadi pada AC anda, bisa jadi tekanan gas freon AC anda berkurang.
Tidak ada salahnya jika anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Anda juga bisa meminta bantuan teknisi yang sudah anda percaya untuk melakukan pemeriksaan jika anda sendiri tidak bisa melakukannya.

4.   AC mengalami bocor netes air di bagian indoor

AC yang bocor netes air di bagian indoor juga bisa karena kekurangan tekanan freon. Alasannya, karena terjadi pengumpalan es pada bagian evaporator, sehingga gumpalan es tersebut menutup saluran pembuangan. Akibatnya, air tidak dapat mengalir pada saluran pembuangan dengan sempurna, sehingga meluber dan mengakibatkan AC bocor.

0 Komentar:

Posting Komentar